Kamis, 11 November 2010

bahasa di jawa 15.Bahasa Surakarta

Bahasa Jawa Surakarta


Bahasa Jawa Surakarta adalah dialek bahasa Jawa yang diucapkan di daerah Surakarta dan sekitarnya. Dialek ini menjadi standar bagi pengajaran bahasa Jawa.
Meskipun satu rumpun, Bahasa Jawa di tiap daerah di Jawa Tengah mempunyai ciri-ciri tersendiri yang khas mencerminkan darimana asal Bahasa Jawa tersebut.
Untuk istilah "dingin" di Surakarta menggunakan kata Bahasa Jawa "adem", sedangkan orang yang tinggal di Semarang menyebutnya "atis".
contoh:
"'Lha piye tho, aku meh mangkat nanging ra duwe duit."

"Gimana ini, saya akan berangkat tapi tidak punya uang."
"Mbok kowe mesake aku, dijilengi duit piro wae sak nduwekmu."
"Kasihani aku, dipinjami uang berapa saja yang kamu punya."
"Sesok tak baleke yen wis oleh kiriman soko mbakyu ku."
"Besok (dalam waktu yang tidak bisa ditentukan kapan) saya kembalikan kalau sudah dapat kiriman dari kakak perempuan saya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar